Revolusi Sistem Operasi Android

Android

Bersama Google perusahaan asal Mountain View, California, itu kemudian membentuk Open Handset Alliance untuk mengembangkan perangkat bagi Android.

"Google tak bisa melakukan segalanya, dan kami tidak perlu. Itulah mengapa kami membentuk Open Handset Alliance dengan lebih dari 34 rekanan," kata Andy Rubin.

Perangkat sistem operasi Android yang hadir di pasaran memang bukan buatan Google saja. Pesaing kelas berat Android termasuk Samsung, dan HTC yang masing-masing menggunakan sistem operasi Android untuk smartphone andalan mereka ke pasaran.

"Sekadar melemparkan peranti lunak tidaklah cukup," Andy Rubin menjelaskan. "Anda perlu handset yang dikembangan untuk peranti lunak ini dan penyedia jaringan yang mau memasarkannya."

Seperti kata Larry Page, saat mengumumkan mundurnya Andy Rubin dari jabatannya, awalnya banyak orang menganggap Rubin "gila". Namun apa yang terjadi ?

"Ia percaya, menerapkan standar dengan memanfaatkan sistem operasi open source akan mendorong inovasi di industri mobile. Kebanyakan orang saat itu menganggap ia gila. Tapi kami (pendiri Google, Page dan Brin) sepakat dengan pemikirannya," ujar Page.

Saat ini, menurut Larry Page, Android adalah sistem operasi mobile paling banyak digunakan di dunia. Itu terbukti dari 25 miliar unduhan aplikasi di Google Play.

"Pencapaian yang melebihi ambisi gila kami saat mengembangkan Android pada awalnya, sunggu luar biasa" kata Page.

Lalu bagaimana karir Andry Rubin si Bapak Android berikutnya? Larry Page berharap Andy Rubin akan memulai musim baru di Google. Ia pun berharap Rubin akan banyak melontarkan proyek gila lainnya, istilah yang disukai Larry Page adalah moonshot.

Comments are closed.